SILABUS dan RPP

Silabus

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TINGKATAN PENALARAN
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELA-JARAN
NILAI BUDAYA DAN KARAK-TER BANGSA
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mengemas dan menyimpan barang cucian
- Cucian tamu dikemas dan disajikan sesuai dengan standar perusahaan
- Prosedur pencatatan dan penagihan diikuti secara benar
- Barang cucian tamu dilipat secara benar
- Barang cucian yang telah dikembalikan atau disimpan dalam jangka waktu yang dibutuhkan
C1 Siswa dapat menentukan cucian tamu dikemas dan disajikan sesuai dengan standar perusahaan
C2 Siswa dapat menerapkan prosedur pencatatan dan penagihan diikuti secara benar
C3 Siswa dapat mengambil kesimpulan barang yang telah selesai dikembalikan atau dalam jangka waktu yang dibutuhkan
Proses pengemasan penyimpanan barang cucian
- Teliti dalam menyelesaikan proses pengemasan dan penyimpanan
- Tepat waktu dalam pengembalian cucian
- Akurat dalam mengembalikan cucian milik tamu
- Ramah dan sopan dalam berhadapan dengan tamu
- Membedakan bentuk-bentuk pengemasan pakaian tamu
- Memahami teknik prosedur penyimpanan cucian sebelum dikembalikan kepada tamu
- Mengemas pakaian tamu
- Menyelesaikan pengadministrasian dan keuangan
Tanggung Jawab
Komunikatif
Tanggung Jawab
Tes Tertulis
Presentasi
Tugas-tugas
Demonstrasi
Tes Praktik
14
10
-
- Referensi buku yang relevan
- Alat alat praktek
- Bahan praktek
- Hand out



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah             : SMK Negeri 33 Jakarta
Mata Pelajaran           : Menangani Linen dan Pakaian Tamu
Kelas / Semester         : XI / 3
Pertemuan Ke                         : 4 – 5
Alokasi Waktu             : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi    : Memproses dan Mencuci Barang-barang
Kompetensi Dasar       : 1. Prosedur Penerimaan Cucian Tamu (Pick Up Guest Laundry)
Indikator                      : Metode pencucian dipilih secara benar sesuai dengan kode label
                                          pakaian dan berdasarkan pada: jenis dan serat kain, kecepatan
                                          pengeringan, jenis noda.
I.  Tujuan Pembelajaran
            - Siswa dapat menggunakan komunikasi dalam bahasa Inggris penerimaan cucian tamu
               (Pick Up Guest Laundry into Room).
            - Siswa dapat menyebutkan jumlah pakaian yang diterima pada saat mengambil cucian
                dari kamar tamu.
            - Menentukan harga yang dibayar oleh tamu berdasarkan list Laundry sesuai standar
                Hotel.
             - Menyebutkan kata yang ramah tamah untuk menutup pembicaraan dengan tamu.
II. Materi Pokok
            Prosedur penerimaan cucian tamu (Pick Up Guest Laundry into Room)
            - Komunikasi dalam bahasa Inggris penerimaan cucian tamu
            - Menjelaskan harga cucian sesuai dengan list Laundry Hotel
            - Menutup pembicaraan magic word pelayanan prima
III. Metode Pembelajaran
            1. Demonstrasi
            2. Inquiri
            3. Penemuan
            4. Eksperimen
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Pendahuluan
1. Peserta didik memperhatikan kebersihan kelasnya
2. Peserta didik berdoa dipimpin ketua kelas
3. Peserta didik duduk tenang, guru memeriksa kehadiran siswa
  1. Inti
1. Eksplorasi
- Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran
- Peserta didik diberi motivasi dengan pertanyaan pelajaran yang lalu
- Peserta didik diberi penjelasan tujuan pembelajaran kompetensi yang akan dicapai
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menjelaskan kemampuan siswa dalam menangkap pelajaran yang telah dicapai
2. Elaborasi
- Peserta didik difasilitasi tugas, individu, kelompok yang berkaitan dengan materi
- Peserta didik diberi kesempatan untuk berpikir menganalisa menyelesaikan masalah
- Peserta didik diberi kesempatan berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan pelajaran
3. Konfirmasi
- Peserta didik diberi umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan
- Peserta didik diberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi maupun elaborasi melalui berbagai sumber
- Peserta didik diberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
- Peserta didik diberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
  1. Penutup
1. Pesera didik bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
2. Peserta didik diberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
V. Alat dan Sumber Belajar
  1. Sumber
      1. Buku
      2. Modul
      3. Multimedia
  1. Alat
1. LCD
2. Hardware Komputer
3. OHP
VI. Jenis Bahan Belajar
1. LKS
2. Modul
3. Bahan Praktek Lab
4. Format Lembar Kegiatan
5. Latihan Soal, dsb
VII. Penilaian
            1. Tes tertulis
            2. Observasi
            3. Tes Praktek
            4. Penugasan
5. Tes Lisan
6. Penilaian Portofolio
7. Jurnal
8. Inventori
9. Penilaian diri
10. Penilaian antarteman
            Mengetahui,                                                             Jakarta,     Juli 2013
   Kepala Sekolah SMK Negeri 33 Jakarta                                     Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  Dasar Kompentesi Kejuruan
            Prihatin Gendra Priyadi, S.Pd                                                             Dra. Tuti Maryam
 NIP/NRK : 19660510 1988031009 /160432                NIP/NRK : 19610419 1986102002 /147717
Modul
Pertemuan 4
Prosedur pengambilan cucian (Guest Laundry)
1. Tamu yang berniat mencucian pakaiannya ke Laundry dapat melalui beberapa cara yaitu:
a. Menghubungi seksis order taker
b. Menggantungkan kartu pelayanan laundry (laundry service bag) di pintu
c. Memberitahukan kepada room boy/room maid atau floor captain.
2. Informasi yang diterima oleh petugas diatas selanjutnya akan diinformasikan kepada valet.
3. Setelah menerima informasi tersebut, calet menuju kekamar tamu sambil membawa perlengkapan yang diperlukan
4. Sesampainya dikamar tamu valet mengetuk pintu kamar tamu 3x sambil menyebutkan identitasnya. Tok….tok….tok… Valet please.
5. Apabila pintu dibuka oleh tamu ucapkan salam dan katakana keperluan anda. Selamat pagi Good Morning Mr. Brown, do you have laundry this morning? Apabila pintu tidak dibuka, masukan anak kunci dan buka pelan-pelan pintu kamar tamu, cek apakah ada tamu dikamar atau tidak.
6. Mintalah izin kepada tamu untuk mengecek cucian, apabila tidak ada kecocokan antara yang ditulis tamu pada laundry list/dry cleaning list, segera informasikan kepada tamu. Bila tamu tidak ada dikamar mintalah room boy/room maid sebagai saksi  saat melakukan pengecekan.
7. Setelah melakukan pengecekan pada kolom hotel/laundry, sudah terisi. Masukan kembali cucian kedalam tas laundry beserta dengan listnya.
8. Keluarnlah dari kamar tamu, ucapkan terima kasih kepada tamu.
9. Tutup pintu pelan-pelan, letakan laundry pada kereta laundry.
10. Isilah daily laundry recapitulation dan membaca cucian keruang laundry, serahkan kepada checker.
11. Checker selanjutnya mengecek cucian tersebut.
Pertemuan 5
1. One day service/regular/today
Pada umumnya dihotel disebut dengan one day service adalah pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan/dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 19 pagi, dan akan dikembalikan pukul 18.00 pada hari yang sama.
2. Special service
Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang mengirim cuciannya setelah pukul 10.00 tetapi menginginkan selesai pada hari yang sama, seperti halnya pada one day service, pelayanan seperti ini pihak hotel akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal.
3. Express service
Yang dimaksud dengan pelayanan ini apabila tamu menghendaki pelayanan yang cepat, pekaiannya selesai dicuci dalam waktu 2-3 jam, untuk pelayanan ini biasanya hotel akan memberikan harga tambahan 100% dari harga normal.
Pre Test
Petunjuk singkat
1. Bacalah baik-baik pernyataan di bawah ini sebelum anda mengisinya.
2. Pilihlah pernyataan yang paling tepat dan berilah tanda cek ( V ) pada salah satu kolom yang ada di sebelah kanan pernyataan tersebut.
Contoh:
Agar tidak terjadi salah pengertian komunikasi adalah sangat penting.
Keterangan untuk item: Positif/Negatif
SS adalah sangat setuju      4           1
S    adalah setuju                  3           2
KS   adalah kurang setuju    2          3
TS   adalah tidak setuju       1           4



SS
S
KS
TS
 
 


1. Sewaktu mengetuk pintu kamar tamu, petugas menyebut assalamu’alaikum
2. Setelah pintu di buka Greeting (mengucapkan salam)
3. Setelah mengucapkan salam menanyakan cucian tamu
4. Kalau kurang jelas apa yang diinginkan oleh tamu kita dapat menebak
     tujuan yang dimaksud oleh tamu
5. Mengetuk pintu kamar tamu hanya boleh sekali saja
6. Menghitung cucian tamu ditulis dikolom hotel
7. Sambil mengetuk pintu, menyebutkan identitas diri (laundry service)
8. Tamu membuka pintu kamar hotel langsung menyebut memberi salam
9. Usahakan langsung dapat mengetahui nama tamu dan menyebutkannya
    pada saat komunikasi dengan tamu
10. Kalau kurang jelas apa yang diinginkan oleh tamu minta tolong diulang kembali
KUNCI JAWABAN NEGATIF    1,3,4,5,8
KUNCI JAWABAN POSITIF     2,6,7,9,10
Post Test
Indikator Penerimaan Cucian Tamu

SS
S
KS
TS
 
Dapat menggunakan komunikasi dengan menawarkan service ketika menawarkan cucian tamu petugas:
1. Memastikan pada kolom guest sudah diisi oleh tamu sesuai dengan jenis pakaian
2. Apabila kolom guest belum diisi tamu petugas mengisi sendiri dikolom guest
3. Kalau tidak sesuai jumlah cucian tamu dengan yang ada, maka petugas menunggu
     tamu sampai pulang
4. Atau meghitung jumlah cucian tamu dengan disaksikan oleh room attendant
     pada waktu petugas dikamar tersebut
5. Setelah menghitung cucian tamu harus sama dikolom guest dengan dikolom
     hotel/laundry
6. Setelah sama jumlah cucian tamu maka petugas mohon diri
7. Petugas wajib menawarkan service/pelayanan
8. Pelayanan one day service adalah pelayanan yang ditawarkan untuk pakaian tamu
     kembali besok pagi
9. Express service adalah pelayanan yang ditawarkan untuk tamu apabila tamu
     menginginkan cepat kembali cuciannya
10. Special service adalah pelayanan dengan penambahan biaya 100%
KUNCI JAWABAN NEGATIF    1,4,5,7,9
KUNCI JAWABAN POSITIF     2,3,6,8,10
Format Penilaian Laundry
Nama Siswa                :
Sub Kemampuan         : Proses Penyeterikaan dan Pengepakan
No
Kegiatan
Waktu
Bobot
Hasil
1.
Persiapan
1. Persiapan area
     a. Membersihkan area
     b. Persiapan alat dan bahan
     c. Penyiapan pakaian
2. Persiapan diri
     a. Kebersihan diri
     b. Kelengkapan pakaian/  
         pakaian praktek
15 menit
3 menit
5 menit
7 menit
2 menit
3 menit
2.
Langkah kerja
1. Teknik menyeterika
2. Teknik pengepakan
60 menit
45 menit
15 menit
3.
Berkemas
1. Kebersihan area kerja
2. Kebersihan alat
3. Pengudangan
10 menit
4 menit
4 menit
2 menit
Lembar Kerja Siswa
1. Kemampuan            : - Praktek menyeterika
                                      - Mengepak pakaian tamu
2. Sub Kemampuan     : Melayani pengepakan pakaian tamu
3. Tujuan                     : - Siswa dapat mendemonstrasikan cara menyeterika
                                      - Siswa dapat mendemonstrasikan mengepak pakaian tamu
4. Alokasi Waktu
     Persiapan               : 15 menit
     Pelaksanaan           : 60 menit
     Berkemas               : 10 menit
5. Alat, bahan
No
Nama
Jumlah
Kegunaan
1.
2.
3.
4.
5.
Presser
Humper
Laundry Bag
Plastik pembungkus Laundry
Lakban kecil
1
1
1
1
1
Menyeterika
Tempat pakaian
Pembungkus laundry yang digantung
Pembungkus laundry yang dilipat
Alat perekat
6. Pelaksanaan Kerja
a. Persiapan
    1. Area kerja, alat, bahan
         - membersihkan area laundry
         - menyiapkan alat
    2. Persiapan diri
         - menggunakan pakaian kerja
         - kebersihan rambut dan kuku
         - melepas perhiasan
         - kebersihan sepatu
   b. Langkah kerja
        - pakaian yang sudah kering dimasukan kedalam keranjang pakaian
        - gunakan mesin seterika sesuai dengan cuciannya dan perhatikan cara pelicinannnya
     jangan sampai ada bagian yang mengkerut dan tidak rapi
       - gantungkan pakaian atau lipat yang rapi dan bungkus dengan plastik pembungkus dan
     tempelkan laundry list
      - serahkan kepada tamu beserta laundry voucher
   c. Berkemas
       - Bersihkan area kerja
       - Cuci dan keringkan peralatan

       - Peralatan dirapikan kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar